Mencintai Tanaman lewat Permainan

Sunday, February 21, 2010 |

JEMBER - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kecintaan pada tanaman dan lingkungan. Salah satunya melalui lomba yang digelar MGPM Biologi Jember. Bertajuk Botanical Game, puluhan pelajar SMA se-Jember dan Bondowoso menjelajah lokasi Taman Botani Sukorambi, sambil mengidentifikasi berbagai jenis tanaman di sana.

Dalam kegiatan ini, para pelajar harus mengikuti serangkaian kegiatan mulai dari mendefinisikan dan mengklasifikasikan tanaman tertentu hingga menjelaskan lebih rinci tentang morfologi tanaman. Mulai dari akar sampai daun. Selanjutnya, mereka juga diminta menjelaskan tentang ekosistem yang terdapat di Taman Botani Sukorambi, sekaligus menyebutkan anggota masing-masing ekosistem tanaman tersebut.

"Yang jelas soalnya banyak dan kami kecapekan. Karena harus mencari banyak pos," kata Ajeng, peserta dari SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji.

Dia menambahkan, dalam kegiatan ini, setiap peserta bekerja dalam bentuk tim dan harus bekerja sama dalam menyelesaikan semua soal yang ada. Meski banyak soal yang harus dikerjakan, Ajeng, mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Karena selain menambah pengalaman, sekaligus melatih diri untuk mengenal dan memahami tumbuhan serta lingkungan.

"Kalau soalnya memang banyak yang mudah. Tapi, daerah ini kan cukup luas, pohon-pohonnya tersebar di mana-mana. Makanya kami capek," sambung Ida dari SMAN 1 Umbulsari.

Botanical Game yang dilaksanakan Sabtu kemarin, merupakan kegiatan kedua yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Tahun sebelumnya, juga dilaksanakan di Taman Botani. Ini mengingat, Taman Botani tidak saja menyediakan wahana hiburan, tapi memiliki koleksi beragam tanaman. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan pelajar dalam proses pengenalan berbagai jenis tanaman. Sekaligus sebagai laboratorium mini yang kaya akan plasma nutfah. Khususnya, tanaman tropis Indonesia. (lie)

sumber: radar jember

0 comments: