Kuota Jamkesmas Meningkat

Monday, February 8, 2010 |

BONDOWOSO- Pemkab Bondowoso memberikan perhatian serius kepada masyarakat miskin penerima program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dari Departemen Kesehatan RI. Buktinya, kuota penerima Jamkesmas di Bondowoso pada 2010 mengalami kenaikan.

Tahun ini, kuota penerima Jamkesmas sebanyak 431 ribu jiwa dari total penduduk Bondowoso sekitar 735 ribu jiwa. Jumlah ini meningkat dibandingkan kuota penerima jamkesmas pada 2009 yang mencapai 426 ribu jiwa.

Menurut Bupati Amin, penambahan kuota tahun ini dianggap hal yang wajar. Karena, sangat mungkin warga miskin yang terdata tahun lalu, namun setelah dilakukan validasi oleh BPS , masuk daftar penerima jamkesmas 2010.

Selain itu, kata Amin, penambahan kuota jamkesmas 2010 bisa juga dikarenakan adanya faktor bencana alam dan musibah lain yang membuat warga terdaftar menjadi penerima jamkesmas.

Meski kuota penerima jamkesmas tahun ini bertambah, menurut Amin, masih terdapat masyarakat miskin tidak masuk kuota jamkesmas. Mereka juga mendapat pelayanan kesehatan gratis yang didanai APBD I Jatim dan APBD II Bondowoso. "Masyarakat miskin nonkuota nantinya masuk kuota penerima jamkesda," katanya. (ido)

sumber : radar jember

0 comments: