Dhafir Pimpin DPRD Lagi

Wednesday, September 30, 2009 |

Formasi Tak Berubah, Pelantikan Tunggu SK Gubernur

BONDOWOSO - DPRD Bondowoso akhirnya menetapkan pimpinan definitif. Lima hari bekerja pasca libur Lebaran, mereka akhirnya sepakat menetapkan pimpinan dewan definitif periode 2009-2014 melalui sidang paripurna di ruang utama DPRD Bondowoso kemarin.

Rapat paripurna yang dipimpin pimpinan dewan sementara Ahmad Dhafir dan Samsul Hadi Merdeka itu menetapkan Ahmad Dhafir (FKNU) menjadi ketua DPRD Bondowoso. Sedangkan tiga kursi wakil ketua DPRD diduduki Samsul Hadi Merdeka (FKB), Imam Thaher (FPPP), dan Irwan Bachtiar (FPDIP). Dengan begitu, berakhir sudah tugas pimpinan dewan sementara.

Wakil Ketua DPRD Bondowoso Samsul Hadi Merdeka mengatakan rapat paripurna penetapan pimpinan dewan definitif mengacu pada UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD Nomor 27/2009 dan tata tertib (tatib) DPRD yang ditetapkan dua hari sebelum penetapan pimpinan dewan. Dengan begitu, tambah Samsul, kebijakan lembaga legislatif saat ini cenderung terarah karena sudah memiliki pimpinan dewan definitif. "Karena, penetapan pimpinan dewan sesuai hasil konsultasi ke Depdagri dan prosesnya berjalan sesuai mekanisme yang benar, meskipun UU No. 27 Tahun 2009 yang telah disahkan belum turun ke daerah," imbuhnya.

Setelah penetapan pimpinan dewan definitif melalui rapat paripurna, sekretaris DPRD segera mengirimkan hasil rapat paripurna ke Pemprov Jatim. Ini dilakukan untuk mendapatkan SK Gubernur Jatim mengenai waktu pelantikan pimpinan dewan. "Tahapan setelah rapat paripurna penetapan pimpinan dewan memang selanjutnya dikirim ke Pemprov Jatim untuk tahap pelantikan. Dan, tahapan waktu pelantikan pimpinan dewan, harus melalui SK Gubernur Jatim," jelas Samsul Hadi.

Penetapan pimpinan dewan definitif kemarin siang berjalan lancar. Ini tidak lain, penetapan pimpinan dewan yang terdiri dari satu kursi ketua dan tiga kursi wakil ketua yang didasarkan parpol peraih kursi terbanyak sudah dipahami 45 anggota DPRD hasil Pileg 2009. Karena itu, semua anggota dewan menerima hasil rapat paripurna penetapan pimpinan dewan yang dibacakan Sekretaris DPRD Suryadi. "Untuk Ketua DPRD saya sendiri, dan tiga wakil ketua adalah Samsul Hadi Merdeka, Imam Thaher, dan Irwan Bachtiar," kata Dhafir, ketua DPRD Bondowoso lima tahun mendatang.

Waktu pelantikan pimpinan dewan, Dhafir mengatakan masih menunggu SK Gubernur Jatim. Untuk itu, dia berharap hasil rapat paripurna penetapan pimpinan dewan yang dikirim ke Pemprov Jatim segera mendapatkan SK Gubernur Jatim. "Kalau tidak ada masalah dan cepat mendapat SK Gubernur Jatim, waktu pelantikan pimpinan DPRD Bondowoso tidak akan lama lagi," katanya. (ido)

sumber: radar jember


0 comments: