PESONA WISATA BONDOWOSO

Saturday, July 21, 2007 |

Pendahuluan
Dalam usaha menunjang Kepariwisataan di Bondowoso khusus dan Kepariwisataan Jawa Timur pada umumnya, serta lebih mengenalkan obyek dan daya tarik wisata kepada wisatawan maka dipanang perlu untuk menerbitkan Booklet Pesona Wisata Bondowoso.
Booklet Pesona obyek wisata ini merupakan petunjuk singkat yang berridi imformasi tentang nama dan alamat obyek wisata, serta penjelasan lainnya yang kesemuanya itu sangat penting airtinya bagi wisatawan yang dating berkunjung ke Bondowoso.
Akhirnya kami menyadari bahwa booklet ini jauh dari sempurna namun sangat besar artinya dalam memberikan informasi/data bagi yang berkepentingan. Selanjutnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penerbitan booklet ini diucapakan terima kasih.


KAWAH IJEN
Kawah ijen adalah salah satu tempat tuijuan wisata yang sudah trkenal baik oleh wisatawqan mancanegara maupun wisatawan Nusantara. Kawah ijen terletak di desa sempol, kecamatan sempol yang memiliki panorama alam indah dan menawan dengan kawah yang masih aktif. Temperature rata-rata 2C-8C dan terletak diketinggian 2.386 MDpl. Dengan hiasan hamparan bungan edelweiss dan tumbuhan lainnya seperti: cemara gunung, dan berbagai macan satwa seperti Ayam hutan, landak dll. Jarak antara pusat kota bondowoso ke kawah ijen 74 km. dengan beberapa fasilitas antara lain: tempat menginap, areal perkemahan, shelter dan pusat layanan informasi, musholla dll.


GUNUNG RAUNG
Gunung Raung termasuk deretan pegunungan ijen, tepatnya di desa Sumber Wringin Kecamatan Sumber Wringin. Gunung raung memiliki pemandangan yang menarik serta hamparan flora serta berbagai jenis satwa. Wisata ini sangat menarik dan menantang, khususnya wisatawan dapat memulai pendakian dari Pos I (Pensanggrahan Sumber Wringin) yang dilengkapi dengan sejumlah pemandu wisata yang siap melayani wisatawan.

AIR TERJUN BELAWAN
Air Terjun Blawan terletak di Desa Kalianyar, kecamatan Sempol, 74 Km dari
pusat kota Bondowoso, air terjun ini adalah hilir dari kali pahit rembesan kawah ijen yang penuh dengan kadar belerang serta dikelilingi oleh tumbuhan Makadamia.
Selain air terjun Blawan juga terdapat pemandian air panas yang juga termasuk di kawasan air terjun Blawan. Ada beberapa fasilitas disini antara lain: shelter dan hotel.

AGROWISATA KEBUN KOPI ARABIKA KALISAT JAMPIT
Agrowisata ini dikelola oleh PTP Nusantara XII Kalista Jampit, terletak 74 Km kea rah timur Kabupaten Bondowoso. Luas areal perkebunan ini 4000 Ha dan terletak pada ketinggian 900 Mdpl. Setiap wisatwqn dapat menyasksikan dan menikmati keindahan panorama alam serta menyaksikan proses pengepakan kopi serta penggiliangan kkopi hingga menjadi kokpi instant siap saji yang memiliki rasa dan aroma khas kopi arabika.
Disamping menikmati kopi arabika para wisatawan dapat menggunakan beberapa fasailitas antara laian: kebun bungha mawar dan lily, arena pemancingan, tempat perapian di guest house Jampit I, arabiaka Homesstay Jampit II, kolam renang, ruang pertemuan, hiburan, istirahat minum kopi dan dilengkapi dengan lapanga tennis. Lahan yang luas dapat digunakan untuk bersepeda santai dan arena wisata mobil.

AIR TERJUN PULO AGUNG
Air terjun ini terletak di desa Sukorejo Kecamatan Sumbr wringin 40 Kmsebelah timur kota Bondowoso. Air terjun ini terletak di areal perkebunan milik masyarakat, ini adlah obyek wisata yang baru dibuat dan dibangun pada tahun 2003 dan dikelola oleh Kantor Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Bondowoso. Ketinggian air terjun ini 30 M yang memiliki keindahan alami dan pemandangan yang indah. Juga terdapat lembah hijau yang terlalu luas.
Air ini di lengkapi pula oleh 3 buah shelter yang di tempatkan di sekelliling lokasi. Para wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan sarana transportasi umum, tetapi untuk mencapai lokasi terjun harus berjalan kaki.


AIR TERJUN TANCAK KEMBAR
Obyek wisata ini terletak di Dewsa Andungsari Kecamatan Paskem, tepatnya 18 Km ke arah barat Kota Bondowoso dengan ketinggian air terjum 77 M. Tempat ini didukung oleh pusat penelitian kopi arabika. Luas dari areal ini 380 Ha manfaat dari air terjun ini digunakan sebagia sarana iorigasi. Kepercayaan masyarakat setempat air terjun sebelah kiri di jaga oleh penunggu laki-laki dan sebelah kanan di jaga oleh penunggu perempuan, dan bagi pengunjung yanhh membasuh muka/wajah akan menjadi awet muda.

PEMANDANGAN ALAM ARAK – ARAK
Obyek wisata ini trletak dijalur antara Surabaya – Bondowoso, tepatnya di desa Sumber Canting Kecamatan Wringin dengan ketinggian 345 Mdpl. Wisatawan dapat menikmati udara segar serta dapat melihat panorama alam yang mempesona. Wisatawan dapat mengunjungi obyek ini dengan menggunakan tranportasi umum (Bus, MPU)

PEMANDIAN ALAM TAMAN TASNAN

Taman pemandian alam Tasnan terletak di desa Taman, kecamatan Grujukan tepatnya 7 Km dari Kota Bondowoso.
Pemandian ini memilikki kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung serta mudah dikunjungi dengan menggunakan transportasi umum. Tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa sarana antara lain shelter, ruang ganti, musholla, panggung hiburan dan tasnan tempat beristirahat.

BUNGA LELLY DAN EDELWEISS
Bunga lely tumbuh dan berkembang di Agrowisata PTP Nusantara XII kebun Kalisat Jampit Kecamatan Sempol dan kebun percobaan Puslit Andungsari Kecamatan Pakem. Ditempat ini juga terdapat homestay, sayuran, taman bunga, hamparan taman kopi Arabika tersebut proses penggilingan kopi. Pengunjung juga bisa membeli bunga lely juga dipasarkan di Surabaya dan Bali. Sedangkan bunga edelweiss bisa kita jumpai hamper sepanjang perjalanan menujui ke Kawah Ijen dan perkemahan Kawah ijen di Paltuding. Jarak agrowisata PTPN XII Kalisat Jampit kira-kira 17 Km atau 20 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

KESENIAN TRADISIONAL SINGO ULUNG
Singo adalah nama sebuah nama seorang tokoh yang berasal dari Blambangan. Singo Ulung dan istrinya Nyi Moena an para pengikutnya seperti Ki Jasiman bahu membahu untuk mewujudkan suatu kesejahteraan social. Karena keberhasilanya dia dipilih menjadi kepala desa, kemudian dia menciptakan sebuah kesenian Singo Ulung yang dimainkan oleh dua orang sehingga menyerupai Singa sungguhan yang diiringi oleh musik gamelan, khususnya drai desa blimbing – kecamtan Klabang. Kesenian ini digabung dengab kesenian “pojian, Kesenian Ojung” yang ditampilkan dalam sebuah acara yang bernama: “BERSIH DESA BLIMBING” yang selalu dilaksanakan setiap tahun ( pada bulan Sya’ban / Ruwah). Di samping dalam acara tersebut kesenian ini dapat disaksikan didalam perayaan hari Jadi Bondowoso, tepatnya setiap tanggal 16 Agustus.

PENINGGALAN KUNO SARKOPAGE
Sarkopage adalah salah satu dari situs megalitikum yang lebih dikenal dengan nama keranda yang lebih dibuat dari batu atau sejenis batu cadas. Berbentuk lesung dasn palung, tetapi ada tutupnya, fungsinya sama dengan kuburan batu /dolmen saarkopage terdapat dibeberapa desa antara lain desa Glinseran – Kecamatan Wringin, tepatnya  19 Km kearah barat Kota Bondowoso. Bondowoso _Wringin : 16 Km (MPU) dan Wringin – lokasi 2 Km (ojek).

MONUMEN GERBONG MAUT

TANGGAL 23 November 1947 sejarah mencatat dengan tiinta emas tentang perjuangan rakyat Bondowoso melawan penjajah.
Seratus orang pejuang diangkut dengan gerbong dari stasiun kerata api bondowoso pukul 03.00 WIB dini hari menuju penjara Kali sosok Surabaya. Kejadian tersebut dikenal dengan peristiwa gerbong MAut di abadikan dengan sebutan MONUMEN GERBONG MAUT yang terletak di jantung Kota Bondowoso, dan menjadi obyek bersejarah bagi Bondowoso.

INDUSTRI KUNINGAN
Kerajinan kuningan terdapat didesa Cindogo kecamatan Tapen  16 Km sebelah timur kota bondowoso tepatnya disekitar jalan Bondowoso – Situbondo. Terdapat banyak jenis kerajinan kuningan antara lain: perlengkapan rumah tangga, perlengkapan upacara adat (bokor dan gayung) dan berbagai jenis souvenir. Kuningan ini memiliki warna yang indah dan tidak mudah pudar / luntur. Kerajinan kuningan ini sudsah tersdebar dimana-mana dan bahkan sudah diexpor ke luar negeri.


BENDI WISATA

Jika anda berkunjung ke Kota Bondowoso, belum lengkap kiranya kalau belum naik Bendi Wisata khas Bondowoso. Bentuknya yang unik dan berkesan klasik, juga letakny ayang srategis yaitu di Alun-alun Kota Bondowso, menbuat seiap orang yang singgah disana ingin berkeliling kot adengan mengendarainya.

PANDE BESI
Berbagai jenis pisau dan pedang diproduksi secara tetap dengan kualitas prima. Pande ini diproduksi di Desa Pucang Anom-Kecamatan Tamanan. Banyak para pengusaha yang memesan dan menjualnya diberbagai kota.

TAPE
Seperti yang kita kenal bahwa Bondowoso terkenal sebaga Tape. Tape Bondowoso mempunyai rasa yang sangat manis yang tidak dapat ditiru oleh Kota lain. Banyak merek tape Bondowoso bernama: Tape 31 manis asal desa Wringin, Tape 82 asal Jl. PB. Sudirman; Tape Manalagi asal Jl. RE Martadinata; Tape 94 at Jl. Diponegoro Tape 66 dan 26 asal Jl. Teuku Umar; Tape 07 asal Kec Pujer Tape Bondowoso dapat digunakan sebagai Parsel.
Tape dapat dimodofikasi dalam beberapa makanan antara lain: dodol, suwar-suwir dll.

INDUSTRI KLOMPEN
Klompen (sandal terbuat dari kayu mindi) diproduksi secara tetap sesuai dengan pesanan. Tempatnya industri ini terletak di desa Jambe Anom Kecamatan Tamanan, kurang lebig 15 km dari Kota Bondowoso kea rah Selatan.

KERAJINAN BORDIR
Kerajinan Bordir banyak dihasilkan di Kecamatan Curahdami,  km dari kota Bondowoso. Jenis pakai yang diproduksi sesuia dengan permintaan konsumen/pesanan. Jasil produksi sudah dipasarkan sampai ke Malaysia dan Singapura.


BATIK TULIS SUMBERSARI
Kerajinan batik tulis tradisional dari Kabupaten Bondowoso yang lebih dikenal nam batik singkong Maesan, beberapa tahun terakhir ini telah dikelola sedemikian rupa sehingga dapat terus berkembang, dan bersaing dengan produk-produk batik lain di Indonesia. Batik tulis Tradisional Bondowoso memiliki cirri khas tersendiri, yaitu terkarakteristik oleh corak buah singkong yang banyak dijumpai diBondowoso, dan merupakan bahan pembuatan Tape. Disebut batik singkong Maesan, karena awal mula dan pusat industrinya berada di Kecamatan Maesan, kurang lebih 13 Km dari Kota Bondowoso.

KERAJINAN MANIK-MANIK
Berbagai jenis kerajinan tangan seperti kalung, gelang, cincin, tas dan ikat pinggang, yang dibuat dari bahan-bahan kerang, bvanyak diprobuksi di Kecamatan Crèmee Kabupaten Bondowoso, kurang lebih dari 32 km kearah timur laut dari kota Bondowoso. Harganya yang rekatif murah, dengan keanekaragaman warna, bentuk, dan ukurannya, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk memilikinya maupun dijadikan sebagai cinderamata teman dan keluarga.

KERAJINAN KULIT
Kerajinan kulit ini berpusat di Kecamat Pujer, kurang lebih 12 km arah selatan Kota Bondowoso. Produk-produk yang dihasilkan diantaranya jaket, tas pinggang, ikat pinggang, dompet, dan berbagai macam jenis, model, ukuran, dan warna lainny. Beberapa produk juga dikerjakan berdasarkan pesanan konsumen. Semua itu dibuat dari bahan kulit sapi yang bermutu tinngi. Kualitas produk yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, dan harganya pun relative terjangkau. Biasanya produk-produk tersebut dipasarkan di daerah Bali.

KERAJINAN PERAK
Kerajinan di Bondowoso bisa dikatakan baru seumur jagung. Namun bukan berarti tidak memiliki kualitas yang baik. Produk-produk yang dihasilkan seperti gelang, kalung, dan cincin, tidak hanya dipasarkan di wilayah Bondowoso dan sekitarnya saja, akan tetapi telah dapat menembus pasar Internasional, seperti Belanda, Jerman dan Amerika. Pusat kerajinan perak terletak di Desa Jati Tambang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso, kurang lebih 16 km kea rah barat laut dari jantung kota Bondowoso.


MEBEL PELEPAH PISANG
Kerajinan mebel yang satu ini berbeda dengan produksi mebel-mebel lainnya yang pada umumnya menggunakan bahan baku dasar kayu atau rotan. Mebel ini menggunakan media pelepah pisang sebagai bahan utamanya. Seperti halnya mebel-mebel lain, mebel pelepah pisang juga dibuat dalam berbagai macam bentuk dan ukuran. Pusat kerajinan mebel pelepah pisang adalah di Desa Karang Melok, kecamatan Tamanan, kurang lebih 15 Km kearah selatan dari Kota Bondowoso.

PANJAT TEBING PATIRANA
Bagi setiap orang yang mencintai olah raga panjat dinding ataupun tebing, maka tempat yang satu ini patut menjadi salah satu uji nyali bagi pendaki. Letaknya di Desa Patirana – Kecamatan Grujugan , 7 Km kearah selatan Kota Bondowoso. Medan pendakian yang begitu menantang, dengan fariasi –fariasi bebatuan dan kemiringan tebing mulai dari 45 sampai dengan 90, serta ketinggian tebing mencapai  75 M, menjadi tempat yang sangat cocok bagi para pendaki baik yamh pemula maupun professional.
Siswa atau pencinta alam sring menggunakan Patirana sebagai tempat kemah sekaligus mencoba tantangan Patirana, Fasilitas yang tersedia diantaranya: shelter, kamar mandi dan Balairung, tempat parker dll

ARUNG JERAM BOSAMBA
Salah satu obyek yang termasuk dalam wisata minat khusus di Kabupaten Bondowoso adalah arung jeram. Obyek wisata yang juga ditengah kembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso. Keindahan alam yang dilalui sepanjang perjalanan membuat daerah ini tidak hanya ingin dinikmati oleh masyarakay Bondowoso saja, akan tetapi para pencinta olah raga Arum Jeram dari dari daaerah lain juga tidak ketinggalan untuk menikmatinya. Akses menuju tempat ini sangat mudah karena dapat dilewati oleh transportasi umum.



0 comments: