Kebakaran Diduga Korsleting Listrik dan Lilin

Monday, April 5, 2010 |

BONDOWOSO - Penyebab kebakaran yang menghanguskan lima toko yang berlokasi di Jalan RE Martadinata Bondowoso masih menjadi teka-teki. Hingga kemarin pagi, polisi masih menyelidiki dan belum dapat memastikan penyebab terbakarnya Toko Balita Jaya, Efrata, Madu Rasa, Madiun Jaya, dan Pangestu.

Kasatintelkam AKP Adi Sutrisno yang turun langsung bersama puluhan anggota Polres Bondowoso mengamankan proses pemadam api oleh petugas PMK dari Sabtu (3/4) malam pukul 21.00 hingga kemarin dini (4/4) pukul 02.00 menyatakan, polisi belum berani memastikan penyebab kebakaran. "Penyebab kebakaran masih proses penyelidikan," katanya.

Tapi mantan Kapolsek Tenggarang tidak membenarkan dan menyalahkan dugaan sementara bahwa penyebab kebakaran karena arus pendek listrik. Apalagi, sebelum kebakaran, kata dia, beberapa saksi sempat melihat ada percikan api dari dalam Toko Balita Jaya sebelum kebakaran terjadi. "Dugaan sementara penyebab kebakaran karena arus pendek listrik. Tapi untuk memastikan penyebabnya, kita tunggu penyelidikan dari tim labfor," ujarnya.

Selain dugaan hubungan pendek arus listrik, informasi berkembang di masyarakat menyebutkan, terjadinya kebakaran diduga berasal dari nyala api lilin di lantai dua Toko Balita Jaya. Dugaan ini bisa benar, karena sebelum terjadinya kebakaran, listrik di kawasan kota Bondowoso pada Sabtu (3/4) petang padam sejak pukul 15.00 hingga 19.00. "Saat listrik padam, warga banyak yang menerangi dengan lilin. Kemungkinan lilin menyala di lantai dua Toko Balita Jaya lupa dimatikan saat listrik menyala dan toko ditutup," kata seorang saksi mata yang namanya dikorankan.

Sementara itu, pantauan RJ sejak kemarin dini pukul 02.00 hingga kemarin pagi pukul 08.00, bara api di lima toko yang terbakar belum mati total. Namun, kemarin pagi pukul 09.00, bara api mati total setelah petugas pemadam dan BLH Bondowoso melakukan penyemprotan lagi dengan disaksikan ratusan warga yang masih penasaran melihat lima toko ludes terbakar.

Di sisi lain, petugas PLN mulai pukul 08.30 kerja maraton memperbaiki kabel listrik yang terbakar. Akibatnya, listrik di beberapa kawasan di kota Bondowoso padam sejak pukul 08.30 kemarin pagi. Hingga berita ini ditulis kemarin sore pukul 15.30, kabel listrik yang terbakar masih dalam perbaikan. (ido/eko)

sumber : radarjember

0 comments: