Kerahkan Empat Alat Fogging

Monday, February 15, 2010 |

Dinkes Cegah Meningkatnya Pasien DB

BONDOWOSO - Masih banyaknya masyarakat yang terserang penyakit demam berdarah (DB), membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bondowoso semakin gencar melakukan pengasapan atau fogging di desa dan kelurahan yang masuk kategori endemi DB.

Jika Januari lalu, petugas dinkes fogging menggunakan maksimal dua alat fogging atau fogger, kini mengerahkan lebih dari dua alat fogging sekaligus.

Seperti pengasapan di kelurahan Tamansari , Kademangan, Badean, dan Blindungan kemarin, dinkes langsung mengerahkan empat petugas fogging. "Ini kami lakukan agar pengasapan untuk membunuh jentik-jentik nyamuk penyebar penyakit DB berjalan lebih efektif," kata Kasi Pemberantasan Penyakit Dinkes, Haris, kemarin.

Pengasapan dengan mengerahkan empat alat fogging sekaligus ini, dilakukan di rumah warga, musala dan masjid, serta gedung sekolah. Tak luput juga, selokan, saluran air yang tergenang, tempat sampah, dan halaman rumah yang ditumbuhi dilakukan pengasapan.

Selama pengasapan, menurut Haris, pihaknya juga sosialisasi kepada warga tentang gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan pentingnya 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur barang-barang bekas yang menjadi sarang nyamuk Aedes aegepty. Berdasarkan catatan dinkes, selama Januari 2010, warga yang terserang DB mencapai 164 orang dan Februari sampai kemarin pasien DB mencapai 11 orang. (ido)

sumber : radar jember

0 comments: